Wednesday, March 15, 2017

Cara Membuat Menu dan Submenu (dropdown) Wordpress

Related image


Cara Membuat Menu dan Submenu (dropdown) Wordpress?

Mungkin bagi kawan yang telah membuat blog baru atau pertama kali berkecimpung dalam dunia blogging akan sangat membutuhkan tutorial ini karena fungsi dari menu dan submenu (drop down) halaman adalah untuk memilah konten seperti apa dalam setiap halamannya. Andai saja kawan ingin membuat page (halaman) dengan judul tutorial lalu sub menunya adalah tutorial blog wordpress, blogger, android, PC dan lain sebagainya. Well, tentu akan sangat tidak enak dilihat jika kawan membuatnya dalam bentuk deret memanjang ke kanan. Maka dari itu, saya sarankan untuk membuat sub menu (drop down) untuk mempermudah pengunjung dalam mencari konten atau sekedar kenyamanan kawan sebagai pembuat blog.

1. Langkah Pertama
          Langkah pertama yang harus kawan lakukan adalah masuk ke menu dashboard. Caranya masuk ke menu beranda --> tambahkan url (disamping wordpress.com) dengan kata 'wp-admin.' Jika kawan bingung silahkan klik tautan berikut. Bagaimana cara masuk ke menu dashboard?

2. Langkah Kedua
          Buat halaman menu dan sub menunya. Saya contohkan menunya adalah Software sedangkan sub menunya software android.

3. Langkah Ketiga
          Di dashboard cari menu tampilan --> menu.


4. Langkah Keempat
          Tambahkan halaman yang telah kawan buat ke dalam struktur menu --> klik tambahkan menu --> drag sub menu ke sebelah kanan menu --> selesai.


Hasilnya :

5. Langkah Kelima
Hasil akhirnya akan seperti ini :


Selamat mencoba :)

Salam,

0 comments:

Post a Comment